mp3do Audio ToolsMengutak-atik file audio mungkin adalah hal yang jarang dilakukan oleh pengguna umum komputer, karena biasanya file audio (lagu) lebih enak untuk didengarkan daripada dimodifikasi. Namun bagi sebagian orang, kadang-kadang juga memerlukan software-software khusus audio yang punya fungsi yang “mungkin” tengah diperlukan.
Nah, berikut ini akan saya informasikan 3 software shareware (berbayar) yang punya kemampuan untuk melakukan berberapa fungsi yang cukup menarik dan mengena dengan judul artikel di AcaRossa ini yang berhubungan dengan file audio di komputer: yaitu merekam, mengedit dan mengkonversi file-file audio.

All Sound Recorder Vista.
All Sound Recorder Vista adalah sebuah software perekam suara yang punya kemampuan merekam suara berkualitas HD (High Definition), dengan input frekuensi antara 8000 ~ 192000Hz 8,16,24,dan 32 bit. Program ini ini memungkinkan untuk merekam suara dari sound card komputer, seperti suara manusia, mp3, wav, dsb.
All Sound Recorder Vista mendukung format populer seperti MP3, WMA OGG, dll. Juga mendukung beberapa codec lossless terbaru seperti APE, FLAC, WAV PACK, TTA (untuk menyimpan audio berkualitas tinggi) dan codec khusus Speex. Yang menarik, All Sound Recorder Vista menggunakan proses konversi real-time (tanpa membuat file sementara), selain antarmuka yang sederhana dan intuitif tetapi punya banyak fitur.

All Sound Recorder Vista
Untuk pengguna awam, tersedia modus wizzard yang akan membantu merekam dengan mudah. Sementara untuk pengguna tingkat lanjut All Sound Recorder Vista punya fungsi Digital signal processing (DSP) dapat membantu pengguna untuk meningkatkan efek lebih yang berkualitas tinggi.
Meskipun punya nama “Vista”, software ini ternyata mendukung mulai Windows 2000 hingga Windows 7.

Advanced MP3 Converter.
Advanced MP3 Converter adalah software yang mampu mengkonversi format file audio seperti MP3, WMA, WAV, OGG, APE, MPC, CUE, AAC, MP4, M4A, TTA, AC3, FLAC, OptimFROG, Speex, WavPack, ALAC dll dari satu format ke format yang lain, termasuk resampling. Program ini juga mendukung pengeditan tag MP3 id3 v1 , MP3 id3 v2, APE, MP4, WMA.

Advanced MP3 Converter
Advanced MP3 Converter memungkinkan pengguna untuk menyimpan file audio digital dengan kualitas yang sangat baik karena menggunakan codec-codec lossless dan terbaru (LAME encoder 3.98, Vorbis SDK, APE v3.99) dan internal (WMA 9/10/24bit).

All Sound Editor XP.
All Sound Editor XP adalah software yang berguna untuk mengedit file-file mp3, wav, wma ogg & voice, yang memungkinkan untuk melakukan berbagai operasi dengan data audio seperti menampilkan gambar gelombang bentuk file audio, filtering, menerapkan berbagai efek audio, memeriksa komponen frekuensi dan rincian lain tentang file audio dengan bantuan Analisis Frekuensi, Statistik, fitur penampil spektral, konversi format, dsb.

All Sound Editor XP
Berbagai setingan parameter kelas wahid juga bisa dengan mudah ditentukan dalam program ini (AccuAttackLevel, AccuAttackTime, AccuEnabled, AccuReleaseLevel, AccuReleaseTime, HighPassFilterEnabled, HighPassFilterFrequency, LowPassFilterEnabled, LowPassFilterFrequency, NotchFilterEnabled, NotchFilterFrequency).
Meskipun punya nama “XP”, , software ini ternyata mendukung mulai Windows 2000 hingga Windows 7.

Ketiga software untuk audio di atas memang bukan software gratis, melainkan dijual seharga $37.95 (All Sound Recorder Vista), $24.95 (Advanced MP3 Converter) dan $29.95 (All Sound Editor XP) untuk setiap lisensinya.
Namun jika Anda berminat untuk mendapatkan salah satu (atau bahkan ketiga-tiganya) software di atas, mp3do.com selaku pengembang tengah melangsungkan promosi gratis software-software tersebut di atas tanpa syarat.

Full & Free
Caranya cukup dengan mengunjungi halaman promosi mp3do.com, download softwarenya, lalu gunakan kode serial yang tercantum di sana untuk aktifasi. Asyik, bukan?

Catatan penting.
Sebenarnya, ada promosi lain yang juga digelar oleh mp3do.com di websitenya, yaitu promosi 6 program versi OEM, yaitu: All Sound Recorder XP, All Sound Recorder Vista, All Sound Editor XP, Advanced CD Ripper Pro, MP3DO iPhone Ringtone Maker, dan Advanced MP3 Converter.
Saat saya coba, semua program diatas berfungsi normal layaknya software versi full. Meskipun begitu, kode serial yang mereka sodorkan dinyatakan invalid oleh setiap program yang bersangkutan. Sayangnya, saya tidak tahu apakah itu nanti berimbas pada masa berlaku versi penuhnya.
Namun jika Anda berminat, silahkan saja mengunjungi halaman promosi mp3do.com versi OEM ini. Siapa tahu, hasilnya berbeda dengan yang saya temui.

Salam, selamat menikmati.