Photo Scissors PilotPhoto Scissors Pilot adalah sebuah software editing gambar yang berfungsi untuk menghilangkan sebuah obyek yang tidak diinginkan dari sebuah gambar. Meskipun berbasis sebagai editor gambar, jangan membayangkan program ini sebagai sebuah software yang memerlukan keahlian khusus dalam penggunaannya. Bahkan lebih terkesan sebagai software editing yang cukup menyenangkan dalam mengisi waktu luang, melakukan kreasi unik dengan cara yang sangat mudah dan instan.
Namun, sesuai dengan nama dan definisinya, program ringan ini memang hanya berfungsi untuk menghilangkan sebuah obyek dari gambar, tidak lebih.
Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh Photo Scissors Pilot ini?
Sebenarnya, tidak banyak. Program ini hanya punya beberapa fitur khusus, yaitu:

  • Menghilangkan sebuah obyek dari sebuah gambar dengan instan (fitur Smart Patch).
  • Merubah ukuran gambar utama agar tampak natural setelah sebuah obyek dihilangkan (Opsi agar gambar output masih berukuran sama juga ada).
  • Menghilangkan sebuah obyek dari sebuah gambar dengan batasan-batasan yang bisa ditentukan oleh pengguna.
  • Memotong gambar (crop).

Sebagai contoh, coba Anda perhatikan gambar di bawah sebelum saya edit dengan Photo Scissors Pilot:

Gambar sebenarnya

Cukup dengan memberikan tanda batasan pada obyek tiang di situ (menggunakan gerakan mouse), gambar akan langsung diedit secara otomatis oleh Photo Scissors Pilot, menjadi…

Gambar sesudahnya

Ajaib? tidak juga. Hal ini sebenarnya juga bisa dilakukan oleh software editor gambar yang sesungguhnya (PhotoShop, PhotoStudio, PhotoPaint, dll.), tentu saja itu tergantung kemampuan dari yang menggunakan.
Namun, proses instan dan kemudahan dalam menggunakan Photo Scissors Pilot, bahkan untuk pengguna yang awam di seputar software grafis, memang terasa menarik.
Bahkan, jika Anda lihat contoh gambar (sebelum & sesudah proses) yang ada pada website software ini, Anda bisa tersenyum dan bertanya “Kok bisa ya?”.
Tidak percaya? silahkan lihat sendiri di sini.

Photo Scissors Pilot bukanlah software gratis, tapi dijual seharga $29.95 untuk setiap lisensinya. Namun, jika berminat saat ini sang developer Photo Scissors Pilot, yaitu Two Pilots, tengah membuka promosi gratis Photo Scissors Pilot khusus untuk para pembaca majalah Axel Springer Polandia. Yaitu dengan:

Photo Scissors Pilot registration for Axel Springer readers!

  • Periksa inbox email Anda, pastikan telah masuk sebuah email dari photo-software-support[at]colorpilot.org yang berisi kode serial Photo Scissors Pilot.
  • Download Photo Scissors Pilot dari website Two Pilots, atau bisa juga lewat link download langsung ini (3.53MB).
  • Install file hasil download tadi, dan gunakan kode serial yang sudah Anda terima untuk aktivasi.
  • Selesai.

Selamat mencoba dan berkreasi.