Wise CleanerWise Disk Cleaner adalah software yang dikembangkan untuk membersihkan ruang hard disk dari file sampah yang tidak diperlukan dengan cepat dan mudah. Sedangkan Wise Registry Cleaner adalah software yang ditujukan untuk membersihkan Registry Windows dari informasi yang tidak berguna dan menumpuk pada system. Selain itu, software yang satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas ekstra “Tune-Up”, yang akan membantu penggunanya untuk memelihara sebuah komputer agar tetap berada pada sebuah kondisi dengan kemampuan maksimal.
Kedua software di atas memang dirancang untuk digunakan bersama-sama, memungkinkan pengguna untuk membersihkan dan merampingkan Registry Windows sekaligus hard disk komputer mereka.
Dan sesuai keterangan dari sang developer, WiseCleaner.com, disarankan untuk menjalankan Wise Disk Cleaner terlebih dahulu sebelum menjalankan Wise Registry Cleaner.
Berikut adalah tampilan Wise Disk Cleaner Pro ketika saya gunakan:

Wise Disk Cleaner PRO
Sedangkan di bawah ini adalah cuplikan gambar ketika saya gunakan untuk mendeteksi permasalahan registry Windows di laptop (Windows XP) dengan menggunakan Wise Registry Cleaner Pro:

Wise Registry Cleaner PRO
Mencengangkan bukan? Banyak juga masalahnya…

Wise Registry Cleaner dan Wise Disk Cleaner merupakan dua software terpisah. Tersedia dalam dua versi untuk setiap softwarenya, yaitu versi PRO (berbayar, $19.95) dan versi FREE (gratis). Perbedaan ke dua versi sekaligus fitur lengkapnya, bisa dilihat pada halaman perbandingan fitur, atau bisa juga lewat halaman yang diterjemahkan ke Bhs. Indonesia ini.

Jika berminat, WiseCleaner.com selaku pengembang, tengah melakukan promosi gratis tanpa syarat kedua software di atas (versi PRO). Sampai dengan tanggal 30 September 2011, semua orang dipersilahkan mendownload versi PRO langsung tanpa perlu membeli ataupun registrasi. Cukup dengan mendownload file installer Wise Disk Cleaner PRO (2.16MB) atau file installer Wise Registry Cleaner PRO (2.18MB). Kedua file installer ini bisa langsung diinstall tanpa perlu kode serial (Full version).

Sekedar saran.
Wise Disk Cleaner bekerja cukup baik sesuai dengan yang diiklankan oleh WiseCleaner.com, bisa dijadikan alternatif lain ketika Anda tidak ingin menggunakan CCleaner dari Piriform.
Sementara Wise Registry Cleaner, sangat agresif dalam menyisir dan membersihkan kesalahan registry Windows. Cukup beresiko jika program ini digunakan sembarangan.
Intinya, Wise Registry Cleaner bisa jadi software andalan jika penggunanya tahu betul tentang registry Windows, dan tahu apa yang dilakukannya. Namun software ini juga bisa jadi bumerang yang akan merugikan jika digunakan oleh pengguna awam.
Ini mengingatkan saya pada dua motto berbeda yang ada di benak para pengguna komputer, yaitu: “Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki Windows yang tidak rusak, karena itu akan merusakkannya“.
Namun saya lebih suka dengan yang: “Mengapa memperbaiki Windows yang tidak rusak? Untuk membuatnya lebih baik“.