Trend Micro Titanium IS 2011Titanium Internet Security merupakan produk andalan kedua dari jajaran produk keamanan komputer dari Trend Micro (dulu sangat dikenal dengan produk PC-Cilin). Software keamanan ini merupakan produk anyar ‘Internet Security‘ dengan basis ‘cloud technology‘. Berbeda dengan produk internet security dengan tekhnologi konvensional, yang selalu membutuhkan update database antivirus dan menyimpannya di komputer yang digunakan (lokal), cloud technology melakukan semua proses proteksinya pada sebuah komputer langsung melalui infrastruktur Trend Micro di luar sana, secara online dan real time.
Bingung dengan deskripsinya? Sama. He..he..
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa orang awam (seperti saya), mungkin akan seperti ini:
Titanium Internet Security (TiIS) akan memantau dan memproteksi sebuah komputer kita secara terus menerus. Jika menemukan hal yang mencurigakan pada komputer tersebut, TiIS akan mengirim datanya melalui internet ke komputer central Trend Micro di luar negeri untuk di analisa. Dan dalam waktu yang sangat cepat, jawaban komputer central Trend Micro tentang aktifitas mencurigakan di komputer kita tersebut akan dijadikan acuan oleh TiIS untuk melakukan tindakan yang diperlukan: Memblokir, menghapus ataupun mengkarantina.
Sedangkan ancaman keamanan yang berasal dari internet ketika sedang online, tentu tidak akan sempat masuk ke komputer kita, karena semua data dari internet akan ‘mampir dan disaring‘ terlebih dahulu oleh komputer central Trend Micro sebelumnya.

Antar muka Trend Micro Titanium Internet Security 2011
Sedangkan fitur-fitur Titanium Internet Security 2011, sesuai dengan keterangan dari Trend Micro adalah sebagai berikut:

  • Proteksi secara real time terhadap ancaman virus, spyware dan malware.
  • Mencegah perubahan yang mencurigakan pada program-program yang ada di komputer.
  • Proteksi real time terhadap bahaya dari internet, seperti website yang berbahaya, memblokir link yang mencurigakan di dalam email atau IM. Juga Anti Spam (email).
  • Optimalisasi firewall standar Windows menjadi lebih mumpuni.
  • Parental control, pembatasan pemakaian intenet oleh anak berdasarkan kategori ataupun berdasarkan jumlah jam.

Pengaturan Parental Control

  • Data Theft Prevention, yang akan mencegah hacker dan spyware yang akan mencuri nomor kartu kredit, password, alamat email, dan data sensitif lainnya.
  • Cloud security technology, sangat ringan di sumber daya komputer sehingga tidak mengganggu aktifitas lain di komputer.
  • Tampilan/antar muka yang compact dan mudah dimengerti.

Opsi proteksi
Khusus untuk fungsi Parental control dan Data Theft Prevention, pengguna Titanium Internet Security mesti mendaftarkan akun (alamat email & password) terlebih dahulu. Namun ini sama sekali tidak merepotkan karena semuanya bisa langsung dilakukan lewat menu internal Titanium Internet Security:

Fitur tertentu wajib membuat akun
Trend Micro Titanium Internet Security biasanya dijual seharga US$59.90 untuk masa proteksi selama 1 tahun (bukan gratisan/freeware). Namun jika berminat, Trend Micro dalam waktu yang terbatas bersedia memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk menjajal kemampuan Trend Micro Titanium Internet Security 2011 selama 1 tahun penuh.
Caranya juga mudah. Cukup dengan mendownload installer Trend Micro Titanium Internet Security 2011 ( TTi_MR_32-64bit_ML.7z | 77.4MB ), ekstrak, install di komputer, dan hmm… 1 tahun proteksi langsung menjadi milik Anda.

Catatan penting:

  • Jika Anda tidak bisa mendownload file installer full version Trend Micro Titanium Internet Security 2011 di atas, berarti promosi gratisnya sudah berakhir.
  • Password ketika menciptakan akun juga digunakan ketika ingin mengatur opsi program. Jadi jangan pernah lupa password Anda.
  • Ketika menginstall, pilih TRIAL (uji coba, tanpa kode serial).
  • Meskipun disebut TRIAL (uji coba), fitur yang diperoleh sama sekali tidak berbeda dengan versi asli yang dijual.
  • Trend Micro Titanium Internet Security 2011 bekerja pada sistem 32bit dan 64 bit, mendukung mulai Windows XP (SP3), Vista (SP1) dan Seven (SP1).

Lalu apa pendapat saya pribadi?
Trend Micro Titanium Internet Security 2011 memang terasa sangat ringan di laptop saya yang paling tua (Pentium Centrino). Sayangnya saya tidak bisa mengetes kemampuannya menghadapi virus atau malware, karena saya memang tidak punya fasilitas dan bahan untuk di uji coba.
Namun satu hal yang pasti: Trend Micro Titanium Internet Security 2011 bukanlah untuk orang seperti saya yang tidak punya koneksi internet broadband.
Karena tekhnologi berbasis Cloud (Cloud technology), sangat membutuhkan koneksi internet super cepat agar bisa bekerja dengan baik.