iPadianIde untuk menulis artikel ini muncul ketika beberapa minggu kemarin saya sedang berada di Pare-Pare, sebuah kota kecil di propinsi Sulawesi selatan. Di mana waktu itu saya dan beberapa kolega sedang bersantai di sebuah cafe di tepi bukit dengan pemandangan pantai yang menawan di bawahnya.
Susahnya, mereka mengajak diskusi tentang iPad yang mereka gunakan. Jujur saja, meskipun saya terlihat nyambung, familiar dan enjoy dengan topik pembicaraan, sebenarnya saya belum pernah menggunakan iPad, apalagi memiliki gadget berharga jutaan rupiah berlogo “buah apel tergigit” tersebut. Lho, kok bisa?
Ya, mungkin karena dulu saya cukup sering menggunakan iPadian, jadi setidaknya sedikit mengerti seperti apa rasanya menggunakan iPad.
Lalu, apa iPadian itu?
iPadian adalah sebuah program simulasi di komputer yang akan memberikan visualisasi lengkap dari sebuah iPad, atau kalau ingin dipersingkat akan menjadi: Komputer rasa iPad. Di mana ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin mencicipi rasa iPad, salah satu produk premium dari Apple yang dibanderol tidak murah, seperti tampilan iPad yang sesungguhnya di bawah ini:

iPad yang sebenarnya
Sedangkan iPadian yang dibanderol Rp.0 (gratis), meskipun secara operasional memang tidak 100% mirip dengan iPad yang asli, tetapi mampu memberikan nuansa yang hampir sama dengan iPad. Mampu mengubah tampilan komputer menjadi layaknya sebuah layar iPad, lengkap dengan icon-icon aplikasi yang menakjubkan dan manis seperti permen.
Pun, jika aplikasi-aplikasi standard yang disertakan dirasa kurang, pengguna iPadian bisa menambahkan sendiri dengan cara men-download berbagai aplikasi yang diinginkan dari Apps store. Ini membuat iPadian menjadi semakin menarik untuk di coba, seperti cuplikan gambar iPadian di bawah ini:

iPadian di laptop
Sedangkan fitur yang di usung iPadian juga tidak kalah dengan iPad yang asli, di antaranya:

  • Aplikasi portable berasa iPad yang bisa langsung digunakan.
  • Tampilan layar penuh (Toolbar Windows masih bisa ditampilkan jika diinginkan).
  • Gambar latar belakang yang bisa di ganti-ganti, bisa lewat pilihan gambar yang sudah disertakan, ataupun gambar koleksi pribadi pengguna.
  • Tersedia apps store kustom, yang mana pengguna dapat men-download aplikasi lain yang diinginkan.
  • Bisa untuk bermain game, juga akses musik & video gratis.
  • WebKit browser untuk browsing di internet.
  • Akses ke facebook, sekaligus mendukung notifikasi dan pesan.
  • Proteksi password. Bisa diaktifkan jika pengguna ingin melindungi iPad virtualnya dari akses orang lain (Untuk membuat password, masuk ke pilihan “Settings”, lalu buat Username dan password).
  • Kompatibel dengan Windows XP, Vista & 7.

Bagaimana, cukup menarik bukan?
Jika Anda berminat untuk mencoba iPadian, silahkan mengunjungi halaman download iPadian dan download paket file iPadian yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda.

Selamat mencoba.

Catatan:

  • iPadian adalah program portabel simulasi iPad di komputer, bukan program paket transformasi (transformation pack) yang akan mengubah tampilan komputer Anda menjadi tampilan iPad secara permanen.
  • Saya tidak tahu apakah iPadian juga mendukung fungsi layar sentuh seperti iPad, karena saya tidak memiliki laptop/komputer dengan fitur touch screen untuk dicoba.
  • Saat digunakan online, iPadian akan menggunakan koneksi internet dengan bandwith yang cukup signifikan, lebih besar ketimbang online menggunakan komputer pada umumnya (setidaknya, itu yang saya cermati). Jadi, pertimbangkan dengan bijaksana bagi Anda yang menggunakan koneksi internet berbasis jumlah data (Volume Base package).