Time FreezeSesuai keterangan sang developer: Toolwiz Time Freeze adalah solusi gratis system restore instan untuk menjaga komputer Anda agar selalu aman dan terasa seperti baru. Program ini akan melindungi komputer anda dari setiap perubahan yang tidak diinginkan dan aktivitas yang berbahaya dalam level terendah sekalipun. Hanya dengan satu klik, program ini akan menempatkan sistem yang sebenarnya di bawah perlindungan maya dengan cepat dan menciptakan lingkungan virtual sebagai salinan dari sistem nyata, di mana Anda dapat mengevaluasi sebuah aplikasi, menonton film, dan melakukan aktivitas online. Ini menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk perlindungan komputer, dan sangat meningkatkan efisiensi dari sistem virtual.
Bisa dimengerti? Atau malah bingung apa maksudnya? He.. he.. sama.
Ketika kita menjalankan Toolwiz Time Freeze, maka program ini akan memproteksi sistem operasi komputer (Windows, biasanya di Drive C:) dari semua perubahan yang terjadi, baik di sengaja maupun tidak, dengan cara membuang semua perubahan tersebut dan menampilkan komputer kembali pada kondisi sebelumnya.
Jika digambarkan contoh cara kerja Toolwiz Time Freeze, mungkin akan seperti ini (saya kutip dari artikel saya tentang Wondershare Time Freeze):
Tanpa sengaja saya menghapus sebuah software di drive system/Windows [C:], atau paling parah (mungkin sedang ngelindur), tanpa sengaja saya menghapus/merusak semua data, file, folder programs, bahkan folder Windows itu sendiri (apapun yang berada di drive C:), mengakibatkan komputer hang dan berhenti bekerja, sehingga terpaksa komputer dimatikan.
Ketika komputer saya hidupkan kembali, ternyata Windows masih berjalan dengan normal. Dan jika diperiksa, semua file atau folder di drive system (C:) yang saya rusak sebelumnya, secara ajaib (he..he.., kayak sulap aja) ternyata masih ada di sana, masih dalam kondisi baik seperti semula.
Namun bagaimana jika perubahan kondisi itu memang diinginkan (misal: edit data, merubah seting Windows, mengcopy file)?
Tidak masalah, cukup matikan system proteksi (2x klik mouse), maka Time Freeze akan menanyakan apakah perubahan tersebut perlu disimpan atau tidak.

Antarmuka Toolwiz Time Freeze
Sedangkan fitur Toolwiz Time Freeze, adalah sbb:

  • Proteksi total untuk Windows dalam modus virtual.
  • Fitur untuk memproteksi folder (write protect, jika diinginkan) dari semua akses.
  • Notifikasi status proteksi.
  • Dilengkapi dengan password (jika diinginkan).
  • Tidak memberatkan kinerja CPU.
  • Fitur untuk cek versi baru program.
  • Mendukung Windows Windows XP/2003/Vista/Server 2008/7.
  • Gratis untuk semua pengguna (personal maupun komersial).

Lantas, bagaimana cara penggunaan Toolwiz Time Freeze? Apakah ribet?

Jawabannya mungkin bisa Anda simpulkan sendiri dengan melihat bagaimana situasinya ketika saya menggunakan Toolwiz Time Freeze, seperti di bawah ini:

  • Download Toolwiz Time Freeze dari situs resmi Toolwiz.
  • Install di komputer. Restart komputer ketika diminta oleh Time Freeze.
  • Time Freeze akan berjalan secara otomatis ketika Windows mulai bekerja, tetapi status proteksinya masih dalam kondisi tidak aktif (OFF).
  • Ketika ingin mengaktifkan sistem proteksi (modus virtual), cukup klik kanan ikon Time Freeze yang ada di system tray dan plih “Start TimeFreeze“.

Gambar 01 - Time Freeze

  • Sebuah pop-up window akan menanyakan apakah Anda akan mengaktifkan proteksi Time Freeze.

Gambar 02 - Time Freeze

  • Jika pada tampilan awal Time Freeze Anda mencentang opsi untuk menampilkan status toolbar ketika proteksi sedang (seperti pada tampilan awal Time Freeze di awal artikel ini), maka akan ditampilkan status proteksi seperti di bawah ini:

Gambar 03 - Time Freeze

  • Sistem proteksi Time Freeze telah aktif, Anda bisa melanjutkan aktifitas di komputer seperti biasanya.
  • Jika dirasa sudah cukup dan Anda ingin menon-aktifkan sistem proteksi (modus virtual), klik kanan ikon Time Freeze yang ada di system tray dan plih “Stop TimeFreeze“.

Gambar 04 - Time Freeze

  • Sebuah pop-up window akan menanyakan apakah Anda akan menon-aktifkan proteksi Time Freeze, dan pilihan untuk tindak lanjut dari semua aktifitas Anda di komputer sebelumnya.

Gambar 05 - Time Freeze

  • Jika berniat untuk menyimpan semua kegiatan Anda sebelumnya secara permanen ke komputer, tinggal klik tombol “OK” maka semua data tersebut (yang sebelumnya hanya tersimapan di modus virtual) akan langsung ditulis secara nyata ke komputer (Windows). Dan jika sukses/selesai, akan muncul notifikasi bahwa proteksi Time Freeze sudah non-aktif;

Gambar 07 - Time Freeze

  • Namun jika Anda tidak berniat untuk menyimpan semua data dari kegiatan Anda sebelumnya (membuang data di modus virtual) dan ingin agar Windows kembali ke kondisi awal sebelum proteksi Toolwiz Time Freeze diaktifkan, maka Anda bisa memilih opsi seperti di bawah ini:

Gambar 06 - Time Freeze

  • Atau jika ingin lebih mudah (secara cepat), tinggal restart saja komputer Anda.

Sebenarnya, Toolwiz Time Freeze tidak beda dengan sistem proteksi virtual yang sudah ada dan dijual di luar sana, semacam Faronics DeepFreeze (seharga $35) ataupun Wondershare Time Freeze (seharga $39).
Secara pribadi, saya merasa Toolwiz Time Freeze punya kemampuan yang cukup bagus, dan pantas untuk digunakan semua orang yang memerlukan program semacam ini, terlebih karena lisensinya yang gratis selamanya/freeware untuk semua orang (sesuai keterangan dari Toolwiz).
Ya, mungkin karena masih versi awal (saat saya menulis artikel ini, versi 1.2) masih ada beberapa sektor yang masih kurang di program Toolwiz Time Freeze, di antaranya:

  • Perlu ada opsi untuk langsung mengaktifkan proteksi virtual ketika komputer dihidupkan atau direstart.
  • Perlu ada opsi untuk memilih memori komputer (RAM) sebagai media penyimpanan data virtual sementara, bukan hanya di harddisk.
  • Perlu ada opsi untuk menyembunyikan ikon Toolwiz Time Freeze dari system tray ketika proteksi sedang aktif.
  • Perlu antarmuka (interface) yang lebih manis, seperti model-model iklan Garuda Food yang cute (Baca: Kiyut).

Kesimpulan:
Toolwiz Time Freeze akan sangat membantu jika digunakan oleh orang-orang yang sering mencoba atau mengevaluasi suatu software, mengetes file yang mencurigakan, atau bagi mereka yang suka online dan merambah situs-situs di internet yang berbahaya (di mana di situ banyak beredar malware yang pintar bersembunyi).
Lingkungan virtual yang diciptakan oleh Toolwiz Time Freeze akan membuat operating system komputer akan selalu bersih dan aman dari semua resiko. Siapapun penggunanya.

Catatan:
Toolwiz Time Freeze hanya akan memproteksi Windows (umumnya di Drive C:) dan folder tertentu yang dipilih dari semua perubahan.
Toolwiz Time Freeze bukanlah program AntiVirus.
Bagi yang berminat, silahkan download Toolwiz Time Freeze dari situs resmi Toolwiz.